MAKALAH TANAMAN ROSELLA (Hibiscus Sabdariffa Linn.)


Contoh MAKALAH budidaya tentang TANAMAN ROSELLA (Hibiscus Sabdariffa Linn.) Pascapanen dan panen ppt pdf word terlengkap terbaru


MAKALAH TANAMAN ROSELLA (Hibiscus Sabdariffa Linn.)


bunga rosella

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh


Dewasa ini penggunaan obat herbal cenderung terus meningkat, baik di negara yang sedang berkembang maupun di negara-negara maju. Banyak orang yang telah menyadari efek samping yang ditimbulkan obat-obat,sehingga masyarakat kembali dengan menggunakan obat tradisional yang merupakan warisan nenek moyang. Jika melihat prospek ke depannya, saat ini budidaya tanaman obat sangat baik dan cukup menjanjikan. Kegiatan identifikasi tanaman perlu diperhatikan dengan seksama karena pada kegiatan ini akan diketahui jenis atau spesies dari tanaman. Selain itu dalam budidaya tanaman yang dilakukan sesuai dengan prosedur sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan. Jika penanganan pada saat panen dan pasca panen tidak dilakukan dengan prosedur, maka kualitas produk yang dihasilkan kurang berkhasiat dan malah akan menimbulkan racun.
Negara Indonesia berada didaerah tropis yang banyak memiliki keanekaragaman spesies, yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan maupun bahan obat.Salah satu tanaman yang dapat dijadikan bahan obat dan dihidangkan yaitu tanaman rosella merah (Hibiscus sabdariffa L).Budidaya tanaman rosella merah ini sangatlah mudah dan juga tidak memerlukan tempat yang luas untuk memenuhi kebutuhan pribadi.Tanaman rosella merah memberikan banyak manfaat dibidang kesehatan.Namun pada kenyataannya pembudidayaan rosella merah di Indonesia masih terpusat di daerah-daerah tertentu padahal pembudidayaannya mudah dilakukan.


Dalam taksonomi tumbuhan rosella diklasifikasikansebagai berikut:
Divisio                   : Spermatophyta
Subdivisio             : Angiospermae
Kelas                     : Dicotyledoneae
Ordo                      : Malvaceales
Famili                    : Malvaceae
Genus                    : Hibiscus
Spesies                  : Hibiscus sabdariffa L. (sinonim: Hibiscus digitatus Cav.)
Varietas                 : Hibiscus sabdariffa var. sabdariffa L.
                                  Hibiscus sabdariffa var. ultissima Wester
 Dan berikut adalah link dokumen tentang tumbuhan tanaman rosella mulai dari sejarah, proses panen dan pascapanen serta produk-produk yang dihasilkan oleh Tanaman rosella. semoga bermanfaat untuk semua.
klik Link dibawah ini:

jika kalian memiliki kritikan atau saran silahkan tulis kolom komentar dibawah 😊
Salam pertanian Indonesia!
semangat belajar🤞🤞

Comments